>Bersih dan disiplin

>

Saya pernah mendengar bahwa ketika Negara Singapura baru berdiri, sang founding father Singapura berkata, “Kita (Singapura), tidak punya apa-apa, yang kita harus miliki untuk maju adalah dua hal, yaitu bersih dan disiplin.”. Entah apakah kutipan itu benar atau salah, tapi kalau kita mengunjungi Singapura, akan terlihat dua hal itu tadi, kebersihan dan kedisiplinan.

Singapura tidak punya lahan pertanian, tidak punya perkebunan, hutan pun hanya sekadar hutan kota. Kebutuhan daging, sayur, semuanya diimpor dari negara tetangga, seperti dari Malaysia dan Indonesia. Bahkan air minum saja masih ada ketergantungan dengan Malaysia.

Singapura saat ini di sisi lain memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan, seperti Singapore Airline yang beberapa kali dinobatkan sebagai penerbangan terbaik, pendidikan di sana pun sangat terkenal. Konsep disiplinnya membuat Singapura maju dalam jasa perdaganan karena berhasil memiliki efisiensi yang lebih tinggi di bidang transportasi dan infrastruktur penunjang transportasi baik laut, darat dan udara.

Ketika kita orang Indonesia mau menyadari, kita punya segala sumber daya alam yang lebih banyak dari Singapura, tapi kita kekurangan dua hal (bersih dan disiplin), maka dari dua hal itulah sebaiknya kita juga mulai melangkah untuk kehidupan yang lebih baik.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: