>Tips untuk bisnis sampingan

>

Menyeimbangkan karir sementara memiliki usaha tidaklah mudah – tapi bisa dilakukan.  Arnold Sanow, co-author dari buku Start Your Own Business  menyarankan tips-tips untuk membantu membuat bisnis sampingan Anda sukses:
1.  Libatkan juga anggota keluarga. Melibatkan anggota keluarga, selain bisa menghemat waktu, juga bisa untuk mempererat hubungan di dalam keluarga dan membuat mereka juga bagian dari bisnis. Hal ini juga karena pada beberapa kejadian, ada yang terlalu berfokus pada bisnisnya sampai lupa pada keluarga. Berikan tugas-tugas sederhana untuk dilakukan supaya tidak menyulitkan mereka dan Anda. Kompensasi yang pantas diberikan pun mesti dipikirkan.

2.  Bersiaplah untuk meluangkan waktu pribadi.  Anda tidak akan lagi punya banyak waktu untuk TV, membaca novel atau hobi Anda.  Pastikan pengorbanan itu sangat berharga, atau pekerjaan Anda akan terasa sebagai sebuah penderitaan.

3.  Fokus pada tugas di depan Anda.  Ketika Anda sedang bekerja di pekerjaan utama, fokus pada pekerjaan.  Jangan biarkan pikiran bisnis sampingan Anda mengalihkan perhatian Anda.

4.  Manfaatkan setiap menit.  Gunakan jam makan siang untuk menghubungi klien atau membuat janji.

5.  Manfaatkan perbedaan zona waktu dan teknologi.  Jika Anda melakukan bisnis dengan orang di negara  lain, perbedaan waktu bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

6.  Jangan melampaui batas-batas Anda.  Membuat panggilan pada jam kerja atau menggunakan fasilitas kantor untuk bisnis Anda sendiri adalah hal yang harus dihindari.

7.  Bersikaplah jujur.  Hanya Anda yang dapat menilai situasi Anda, tetapi dalam banyak kasus yang terbaik adalah untuk jujur dengan atasan Anda tentang bisnis sampingan Anda.  Selama itu tidak mengganggu pekerjaan Anda, banyak bos tidak akan keberatan.  Anda juga akan mendapatkan ketenangan dengan bersikap jujur daripada membuat mereka merasa Anda memiliki sesuatu untuk disembunyikan.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: