>value creation 1 – systematic thinking

>Ketika kita membahas tentang sekolah, sesuatu yang ditanyakan seringkali adalah nilai kognitif. Padahal sesuatu yang sangat penting dan langsung terlihat dari hasil sebuah pendidikan adalah “values” yang dibawanya. Nilai-nilai kebaikan dan kehebatan yang terlihat jelas.


Value creation sebenarnya bukanlah hal baru, kita bisa lihat dari persepsi masyarakat sekitar mengenai bagaimana seharusnya seorang siswa berperilaku. Ada yang bilang, “Wah, siswa-siswa dari SMA X itu rajin-rajin ya, di angkot saja membaca buku.”, atau ada yang bilang “Jangan masuk sekolah situ, siswa-siswanya suka tawuran.”. Sesuatu yang diharapkan masyarakat bukanlah nilai raport yang bagus, tapi perilaku baik dan hebat.

Seperti yang sering kali diceritakan dosen saya mengenai Jerman. Masyarakat Jerman itu secara IQ tidak lebih pintar dari orang-orang Indonesia, tapi di sana lebih sistematis dalam melakukan sesuatu, lebih terencana, lebih berpikiran jangka panjang dan lebih menyadari bahwa sesuatu itu saling berkaitan. Melalui cara berpikir sistematis itu terasa sesuatu lebih mudah dikerjakan dan lebih menghasilkan banyak hal dibandingkan dengan yang tidak sistematis. Dari sini kita bisa mulai value pertama yang dibentuk, yaitu membiasakan berpikir secara sistematis.

Berpikir secara sistematis berarti menyadari bahwa segala sesuatu itu saling berkaitan dalam suatu sistem. Di sini kita mulai dari membuat tujuan dan perencanaan untuk mencapai tujuan itu. Hal-hal yang kurang berkaitan dengan pencapaian tujuan, tentu saja akan kurang diprioritaskan. Aplikasi di ruang kelas adalah, guru menjelaskan mengenai tujuan suatu pelajaran dan cara pencapaiannya, hal-hal apa saja yang penting dan apa saja yang kurang penting. Secara realistis di lapangan, seringkali tujuan suatu pokok materi akan sulit tercapai 100 persen, oleh karena itu penjelasan materi apa saja yang menjadi prioritas akan lebih bisa efektif dalam prosesnya. Di sini, siswa pun bisa lebih nyaman dan memiliki waktu cukup untuk memahami sebuah materi.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: