Sebelum memutuskan berbisnis

Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dalam memulai bisnis, salah satunya adalah melihat kondisi industri itu sendiri.

Banyak orang tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang dinamakan siklus bisnis. kalau digambarkan dengan grafik, dia akan mulai dari bawah, menanjak ke atas, mencapai puncaknya kemudian menurun.

Misalnya begini, dulu pernah ada booming bisnis ternak cacing, hal ini dipicu pemberitaan para peternak cacing yang mendapatkan untung besar dari bisnis tersebut. Kemudian orang-orang lain berbondong-bondong untuk berbisnis cacing, hasilnya adalah terjadi kelebihan permintaan, harga turun dan banyak yang akhirnya malah merugi.

Jika kita lihat dari sudut pandang siklus bisnis, pada saat terjadi pemberitaan bisnis ternak cacing sangat menguntungkan, hal itu terjadi saat grafiknya naik hampir mencapai puncaknya. Orang-orang pun tergiur untung besar dan tidak berpikir panjang. Akhirnya setelah mencapai puncaknya, eh malah menurun.

Orang-orang yang meraup untung besar, jutru para pengusaha yang memulai bisnis tersebut saat grafiknya masih jauh dari titik puncaknya. Kemampuan untuk melihat tren di masa depan inilah suatu kemampuan yang sangat penting dan berharga untuk memilih dan mengembangkan bisnis yang menguntungkan.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah. What next?

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: