Manajer Produk: Mendukung Tim Penjualan untuk Capai Target

Untuk mengembangkan sebuah produk, apalagi untuk produk baru, membutuhkan strategi tersendiri demi menembus pasar. Ada profesi yang khusus menangani produk sebuah perusahaan, yaitu manajer produk (product manager).


Angelia Susanto-Carluen, group product  manager PT Schering Indonesia, mengungkapkan, sesuai namanya tugas utama manajer produk adalah membesarkan produk-produk yang ada dalam asuhannya. “Saya selalu senang memakai analogi tim sepak bola untuk melukiskan kerja tim dalam pemasarn”, ujarnya.

Manajer produk adalah si pelatih tim, ia harus menganalisis situasi pemain, lapangan, dan kompetitor. Kemudian ia memberikan strategi dan senjata kepada para pemain supaya dapat menghasilkan gol. Para pemain adalah para tenaga jual, di Schering disebut medical representative. Mencetak gol maksudnya mencapai target penjualan.

Jadi, kata Angelia yang memulai karirnya pada Desember 2001 sebagai junior product manager, tugas manajer produk adalah mendukung agar tim penjualan dapat mencapai target perusahaan. Ia harus membuat rencana pemasaran berdasarkan analisis produk, pesaing dan pasar. Manajer produk juga menentukan anggaran dan program promosi, menentukan pesan yang akan disampaikan dan membuat materi promosi yang harus dibawa oleh tim penjualan.

Setelah itu ia harus mengevaluasi program, melakukan koordinasi dengan bagian lain. Yakni, dengan bagian produksi untuk menjamin ketersediaan produk dan divisi distribusi demi menjamin keberadaan produk di gerai dan juga bagian lain yang terkait.

Menurut alumni Fakultas Farmasi Universitas Pancasila ini, tidak ada sekolah khusus bagi manajer produk. Angelia mengaku banyak belajar ilmu pemasaran dengan trial &error (mencoba-coba) dan mendapat bimbingan dari atasan dan teman kerja. Umumnya pelaku perofesi ini berasal dari jurusan manajemen atau pemasaran. Ada yang bergelar MBA, telah mengambil S2, atau kursus di bidang pemasaran.

Untuk memperluas wawasan Angelia berusaha untuk selalu membaca, dan mendengarkan siaran radio yang berisi program pemasaran. Ia juag berusaha meluangkan waktu untuk mengikuti kursus atau semianr. “Yang juga menyenangkan adalah ngobrol dengan teman-teman dari dunia consumer goods (perusahaan yang memproduksi barang-barang konsumen) dan farmasi lain, saling berbagi program dan tips,” paparnya.

https://i2.wp.com/www.glasbergen.com/images/g610.gif

Juanita A. Luthan, manajer produk Kredit rumah Bank Niaga mengatakan, tugasnya adalah mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh para nasabah, ” Setelah tahu pa yang diperlukan, kami akan mencari produk yang sesuai,” ujarnya. Ia juga harus memastikan produk yang diatawarkan ada di seluruh cabang bank. tapi, yang penting, pihaknya dapat mendukung tim penjualan.

Intinya, setelah mengetahui kebutuhan nasabah, manajer produk pun mengemas produk yang sesuai. Selanjutnya ia akan memantau terus respon nasabah terhadap produk. Untuk itu evaluasi dilakukan terus menerus setiap tiga bulan. “Evaluasi produk perlu dilakukan untuk mengetahui bila ada yang kurang atau tidak tepat. Bila ini terjadi berarti perlu dilakukan modifikasi produk,” cetus alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini.

Juanita kerap mengikuti berbagai pelatihan di dalam dan di luar negeri. “Wawasan dan kemampuan memang harus terus-menerus diasah. Karena itu, saya sering mengikuti pelatihan yang sesuai, seperti tentang properti atau KPR,” paparnya.

Menerjuni profesi ini Juanita mengakui kadang tersandung kendala, baik internal maupun eksternal. Faktor eksternal seperti dampak politik, sosial dan ekonomi sehingga menyulitkan pengucuran KPR. Faktor internal dalam perusahaan seperti hubungan antarkaryawan.

Selain menjadi manajer produk, Juanita juga menjabat sebagai assistant vice president dan consumer marketing&business development group head. Alhasil, penghasilannya pun melambung sesuai dengan jabatan yang dipegang. Setiap bulan ia mengaku memperoleh gaji pokok dan berbagai tunjangan sekitar Rp 15 juta.

Sedangkan Angelia enggan menyebut rinci penghasilannya. Penghasilan manajer produk, katanya, amat bervariasi tergantung pada perusahaan. Ia hana menyebutkan seorang manajer produk junior memperoleh gaji Rp 2 juta hingga Rp 4 juta. Sementara mereka yang senior akan mendapatkan gaji maksimal Rp 7,5 juta per bulan.

Sumber: Harian Republika 5 November 2003

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

2 Responses to Manajer Produk: Mendukung Tim Penjualan untuk Capai Target

  1. beny mengatakan:

    format job deskripsi apa yg di gunakan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: