Ip Man dan Wing Chun

Tahun 2009 kemarin ada sebuah film yang menurutku  menakjubkan. Salah satu film kung fu terbaik yang pernah kulihat sampai saat ini. Judul film itu adalah Ip Man, dengan pemeran utamanya Donnie Yen.

Kung Fu yang digunakan adalah Wing Chun. Hmm… baru tahu ternyata Wing Chun bisa sehebat itu. Padahal di majalah Jurus yang terbit sekitar tahun 2000 pernah baca sekilas mengenai Wing Chun, tapi ga nyangka bisa sehebat itu dalam aplikasinya.

Sebelum generasi saat ini sejarah Wing Chun tidaklah tercatat secara tertulis. Hanya masa lalu sampai kepada kita secara verbal. Itulah sebabnya mengapa ada dua versi tentang sejarah Wing Chun. Satu-satunya perbedaan antara dua versi ini adalah pendiri Wing Chun, Ng Mui. Versi yang diturunkan kepada kita melalui Akhir Grand Master Yip Man. Dia menyatakan bahwa Ng Mui adalah seorang biarawati. Versi melalui penelitian generasi baru kami percaya bahwa Ng Mui adalah seorang biarawati. Dipercaya bahwa waktu lama biarawan dan biarawati tidak bisa bekerja dan tinggal di kuil yang sama.

Ng Mui umumnya diakui sebagai pendiri Wing Chun. Ng Mui adalah salah satu dari lima tetua kuil Sil Lum tapi ia tidak selalu seorang biarawati. Ayahnya adalah salah satu dari delapan jenderal yang membantu Yeung Jung Wang untuk naik takhta. Yeung Jung Wang adalah kaisar pertama dari Dinasti Ching. Setelah ia menjadi kaisar, Yeung Jung Wang ayahnya sendiri dan delapan jenderal dibunuh. Ini adalah untuk mengurangi ancaman terhadap kekuasaannya sendiri. Ng Mui dikenal sebagai Sai Loi Leung pada saat itu. Untuk membalas dendam kematian ayahnya, dia membunuh kaisar dan pergi bersembunyi di Kuil Sil Lum di mana ia mengambil nama dari Ng Mui.

Sudah bela diri yang cakap, Ng Mui menjadi nomor satu penatua terampil di kuil. Dia pernah belajar di bawah Gunung Dong Mo-fu si Ho Lo Wan Yan. Dan lanjutan nya keterampilan seni bela diri dengan Sunn Bay Dook Lai. Ng Mui, sebenarnya adalah seorang praktisi Tao. Di kuil, Ng Mui mengembangkan gaya seni bela diri, setelah melihat tikus berjalan, yang disebut Bo Mui Siu Fa Kuen (Little Mouse Foot Work, Plum Flower Fist) . Setelah penelitian lebih lanjut, pengembangan, dan mengamati ular dan derek, Ng Mui memperbaiki gaya yang dikenal sebagai Ho Sei Bak Bo (Ular dan Crane Delapan Langkah). Dia kemudian memperbaiki gaya lebih lanjut dan dikenal sebagai Bo Ng Mui Fa Kuen (Plum Flower Fist). Ketiga gaya adalah pendahulu dari Wing Chun.

Selama masa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644), kung-fu dipraktekkan dalam biara Lum Siu (Shao Lin) di Cina bagian selatan terutama sebagai bentuk latihan fisik. Dengan perebutan kuasa oleh Manchurians dan pembentukan Dinasti Ching Namun, banyak pejuang Ming mencari perlindungan di kuil tempat hidup mereka tidak terancam dan di mana beberapa orang yang bersimpati pada perjuangan mereka. Sementara itu, mereka menyiapkan diri untuk hari ketika mereka akan berusaha untuk menggulingkan pemerintah yang berkuasa. Itu selama periode waktu yang gung-fu mencapai puncaknya di Cina. Cukup ironis, ketika hampir semuanya sudah siap untuk memulai menyerang mereka, para Mings itu dikhianati oleh orang dalam. Akibatnya, Kaisar Ching takut astir sebuah revolusi, dan tentara menyerang dan membakar biara. Hanya segelintir orang dan lima tetua lolos pembakaran biara. Ng Mui, seorang master Siu Lum, mulai mengajar seni beladiri  untuk orang awam. Murid-murid tersebut diwajibkan untuk menyembunyikan aktivitas mereka karena pemerintah Ching telah mengirim sejumlah ahli seni bela diri untuk membasmi mereka. Ng Mui menyadari bahwa dia harus menyelamatkan Siu Lum melawan kaisar seni dari upaya untuk menghapus semua jejak keberadaan mereka. Jadi, ia menyusun baru, sistem diubah pertempuran berdasarkan pengetahuan tentang apa yang telah menguasai dalam kuil. Pada intinya, gaya teknik dimanfaatkan efisiensi gerak dan sambungan langsung serangan dan dapat disempurnakan dalam waktu singkat.

Murid terbaik Ng Mui adalah seorang gadis muda yang cantik bernama Yim Wing Chun, tinggal bersama ayahnya, Yim Sam Rendam, di sebuah desa kecil di mana mereka mendapatkan penghidupan mereka dengan membuat dan menjual kue kacang. PopularitasYim Wing Chun di daerah dan berita kecantikannya menarik perhatian seorang tuan tanah jahat bernama Wong. Meskipun hal-hal seperti itu sering lazim diatur sebelumnya antara dua keluarga sebelum kelahiran anak-anak, dan Yim Wing Chun sudah berjanji akan menikahi Leung Bok Chau, Wong memutuskan akan tetap menikahinya. Setelah memperkenalkan diri untuk meminta tangannya dalam perkawinan, Wong   ditolak oleh Yim Wing Chun dan ayahnya, jadi ia berencana untuk membawanya dengan paksa. Dalam waktu singkat Ng Mui mampu mengajar Yim Wing Chun untuk membela diri. Ketika Wong kembali dengan orang-orangnya, konfrontasi terjadi dan Wong terluka parah oleh Yim Wing Chun

Yim Wing Chun meneruskanbelajarnya di bawah bimbingan Ng Mui, dan kemudian menikah Leung Bok Chau. Selama bertahun-tahun mendatang, ia menggunakan prinsip-prinsip gaya yang ia pelajari dari Ng Mui dan mulai untuk meningkatkan dan menyederhanakan seni beladirinya. Setelah menyempurnakan seni secara signifikan, Yim Wing Chun mulai mengajarkan hal itu kepada suaminya. Leung Bok Chau sudah agak mahir dalam gaya-gaya lain seni bela diri. Terkesan oleh Yim Wing Chun pengetahuan dan kemampuan, ia mempelajari gayanya tekun dan belajar dengan cepat. Jadi, meskipun Ng Mui yang menemukan seni beladirinya, tapi Yim Wing Chun yang menyandang namanya dalam beladiri tersebut karena pengembangannya.

Leung Bok Chau mengajarkanTeknik Wing Chun kepada pamannya Leung Lan Qui. Leung Lan Qui mulai mengajar ke Wong Wah Bo dan Ye Tai Leung. Sepanjang generasi dari Leung Bok Chau kepada Wong Wah Bo, sistem yang Wing Chun semakin sulit dan ketat.

Jon Leung adalah seorang dokter herbal. Dia diajarkan oleh kedua Wong Wah Bo dan Leung Ye Tai. Jon Leung mampu menempatkan elemen keras dan lunak kembali. Murid Jon Leung , Chan Wa tidak mampu menguasai elemen lunak dan membuat sistem menjadi keras lagi.


Tampak pada video ini adalah Ip Chun, anak dari Ip Man.

Chan Wa adalah guru pertama Yip Man.  Sayangnya Chan Wa segera meninggal di usia muda dan Yip Man tidak menyelesaikan instruksi. Sebagai seorang pemuda, Yip Man belajar bahasa Inggris di St Steven Sekolah Katolik di Hong Kong. Saat itu selama waktu yang Yip Man bertemu Leung Bik yang merupakan anak dari Jon Leung. Yip Man ditantang Leung Bik dan dipukuli. Ketika Yip Man tahu siapa Leung Bik itu, Yip Man diminta untuk menjadi salah satu murid Leung Bik. Leung Bik, adalah seorang yang kecil, tidak begitu berotot. Gayanya tidak begitu keras seperti itu dari Wa Chan Soon. Yip Man mampu belajar baik elemen keras dan lembut.

Ada juga cerita lain yang  menceritakan bagaimana menantu Leung Bik (seorang wanita) mampu mengalahkan Yip Man dengan keahliannya dalam Wing Chun . Sejak waktu itu Yip Man tidak pernah mengatakan dia nomor satu di Wing Chun selama yang lain masih hidup .

Pada usia 24 tahun, Yip Man telah kembali ke Foshan, keterampilan Wing Chun-nya sangat meningkat. Di Foshan, Yip Man menjadi seorang polisi. Dia tidak secara formal mengelola sekolah Wing Chun, tetapi mengajarkan kepada beberapa bawahan, teman-teman dan kerabat.

Pada akhir 1949, setelah Partai Komunis Cina memenangkan perang saudara, karena dia seorang perwira Kuomintang, ia memutuskan untuk melarikan diri ke Hong Kong tanpa keluarganya ketika Komunis datang untuk Foshan.

Di Hong Kong, ia membuka sekolah seni bela diri. Awalnya, bisnis susah karena siswa biasanya hanya tinggal selama beberapa bulan. Dia memindahkan sekolahnya dua kali, dariHoi Tan Street (海 坛 街) di Sham Shui Po, dan kemudian ke Lee Tat Street (利达 街) di Yau Ma Tei. Pada saat itu, beberapa dari murid-muridnya cukup terampil sehingga mereka mampu memulai sekolah mereka sendiri.

Pada tahun 1967, Yip Man dan beberapa murid-muridnya mendirikan The Hong Kong Ving tsun Athletic Association (香港 咏春拳 体育 会).

Pada tahun 1972, Yip Man menderita kanker tenggorokan dan kemudian meninggal pada Desember 2 tahun yang sama.

Dalam tiga dekade karirnya di Hong Kong, ia mendirikan sistem pelatihan Wing Chun yang akhirnya menyebar di seluruh dunia.

Referensi:

http://www.fongswingchun.com

http://en.wikipedia.org/wiki/Wing_Chun

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

17 Responses to Ip Man dan Wing Chun

  1. domi lee mengatakan:

    bagi anda penggemar kung fu wing chun n jkd,dan berdomisili di kota mojokerto dan sekitarx.silahkan datang di jl kranggan gg2 no 39 mojokerto jatim.metode latihan dengan pengolahan alami.no hp saya 085731663084 ato lwt fb lee_domi@yahoo.co.id..tx n Gbu

  2. domi lee mengatakan:

    jauh bgt,mojokerto di jatim

  3. Mirsatu mengatakan:

    aku suka banget koreografi kungfu film ini…. hebat hebat. Film ip man 1 dan ip man 2 hebat..

    • syamsul hadi mengatakan:

      ya, betul. Meskipun saya agak kecewa dengan Ip Man 2, jalan ceritanya sama seperti film kungfu lainnya. Melawan petarung dari negara asing. Saya berharapnya ada cerita yang berbeda.

  4. fauzan mengatakan:

    i like wing chun because tehnikx slow dan cepat kaya di filmx,insya allah klu sy k mojokerto mw bljr wing chun

  5. henny mengatakan:

    saya penggemar beladiri penasaran dengan yang namanya kungfu,apakah diajarkan kungfu dari dasar sampai mahir kebetulan rumah saya lumayan deket pengen bgt belajar.

  6. domi lee mengatakan:

    wushu adl bag dr gung fu,tp setau sy kebanyakan org menyebut setiap aliran gung fu dg wushu
    aliran dlm gung fu bnyk skali,tp klu yong chun dsbt wushu sy pikir berbeda
    gung fu ad yg keras n lembut,tp mereka smua berprinsip spt air
    yong chun jg melatih chi d tiap gerakan sehingga terlihat lembut
    jk ingin konsultasi lbh lanjut gabung d fb sy
    lee_domi@yahoo.co.id

  7. domi lee mengatakan:

    stiap dr gung fu pasti blajar chi,smua gung fu pasti mempelajarix
    yg kmrn gabung di fb sy it mas syamsul t?
    Tx

  8. kamidesains99 mengatakan:

    hebat di mojokerto ada wing chunnya… saya mau ikut dan persyaratannya apa saja.. kira2 biaya ikut seni bela diri ini mahal gak yah????? saya tertarik bgt sama wing chun apa lagi kalo bis ngeliat film.a ipman,,, keren,,,

    tolong di balasss…

  9. arka damar mengatakan:

    salam kenal…:-D
    saya minta alamat win chun di mojokerto dong. coz domisili saya mojokerto..

  10. m andi mengatakan:

    salam kenal mas domi., pengagum beladiri wingchun:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: