Pengelolaan informasi

Pada era informasi ini ada satu hal yang kurang diketahui oleh banyak orang, yaitu informasi itu perlu dikelola, istilah kerennya manajemen informasi. Hal ini karena pikiran kita adalah sesuatu yang sebenarnya sangat kuat tetapi juga sangat mudah juga dipengaruhi. Coba saja baca buku “The Secret” atau buku “Quantum Ikhlas”, di kedua buku tersebut dikemukakan betapa besarnya kekuatan pikiran dan perasaan manusia untuk membantunya mewujudkan apa yang dipikirkan dan dirasakan tersebut.

Berdasarkan efeknya terhadap masyarakat, ada tiga macam informasi

1. Bermanfaat

2. Tidak bermanfaat

3. Berbahaya

Sebenarnya esuatu itu bisa disebut sebagai informasi jika memiliki manfaat, jika tidak memiliki manfaat apa-apa hanya bisa disebut data. Tapi pemahaman di masyarakat, bahkan data pun biasa disebut sebagai informasi.

Suatu informasi bisa berbahaya karena bisa membentuk pemikiran. Misalnya, seseorang mungkin berpikir jika dia membuat film yang menggambarkan tentang realitas dunia hitam maka itu akan menyadarkan masyarakat bahwa dunia hitam itu memang ada, tetapi hal terjadi seringkali malah jadi menarik perhatian orang untuk mencoba dunia tersebut.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: