Menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis

Tung Desem Waringin dalam Marketing Revolusion menyatakan bahwa hal terpenting dalam

bisnis adalah penawaran. Hal berikutnya setelah penawaran adalah terjadinya pembelian karena promosi sebagus apapun percuma tanpa terjadinya transaksi. Penentuan lokasi toko untuk bisnis retail ataupun bisnis jasa adalah salah satu hal yangsangat penting untuk mewujudkan terjadinya transaksi bisnis.

1. Pengamatan Demografis
Analisis demografis bisa dilakukan mulai dari yang sederhana seperti melihat jumlah populasi di sekitar lokasi, daya beli, usia, jenis kelamin, dan lain-lain. Pengamatan yang lebih rumit seperti mengamati pola perilaku orang-orang yang berada di sekitar lokasi yang akan kita pilih mulai dari perilaku di luar toko sampai perilaku ketika di dalam toko.

2. Traffic generator

Biasanya orang-orang memilih tempat di pinggir jalan raya sebagai lokasi toko mereka. Tapi hal ini tidak selamanya bisa barhasil. Di note  sebelumnya saya pernah menulis tentang restoran ayam dengan warung bakso kecil yang terletak berdekatan. Dua-duanya  terletak di pinggir jalan raya yang cukup ramai. Secara strategi promosi dan keunikan, restoran ayam tersebut memiliki banyak keunggulan, tapi dilihat dari penjualan dan daya tahan bisnisnya sepertinya restoran ayam tersebut kalah jauh.

Ada sesuatu hal yang disebut oleh Karen E. Spaeder sebagai Traffic Generators. Traffic Generators adalah hal-hal yang bisa menarik datangnya konsumen dan mengubah dari sekedar pengunjung menjadi pembeli atau pengguna jasa. Teknik seperti ini biasa kita temukan di pusat perbelanjaan dalam bentuk event yang diselenggarakan pengelola pusat perbelanjaan dalam bentuk perlombaan menggambar, menyanyi, kompetisi band ataupun dengan mendatangkan grup musik. Contoh lain dari Traffic generator adalah sekolah, tempat perkantoran, rumah sakit, bengkel, festival budaya, dan taman bermain.

Di sini kita bisa mendapatkan gambaran bahwa julukan kota Budaya untuk Yogyakarta adalah salah satu dari traffic generator dengan berbagai acara kebudayaannya. Semakin banyak orang yang datang, semakin banyak bisnis yang bisa hidup dan berkembang.

Ketika kita tidak menemukan lokasi yang memiliki traffic generator yang baik, hal yang harus dilakukan adalah mengadakan traffic generator tersebut. Meskipun tentu saja akan lebih mudah jika ternyata toko kita lebih dekat dengan trafic generator ataupun jika berada di pusat perbelanjaan yang traffic generatornya dibantu oleh pengelola pusat perbelanjaan.

3. Kompetitor
Greg Kahn, CEO dari Kahn Research Group berpendapat bahwa lokasi yang terbaik adalah yang dekat dengan pesaing terbesar kita. Pesaing telah memilih lokasi terbaik berdasarkan
demografis yang baik. Pesaing juga mungkin telah mengeluarkan dana untuk menarik konsumen ke lokasi mereka, jadi ktia juga tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya iklan.

Hal ini biasanya dilakukan oleh kios maupun counter untuk handphone dan komputer. Kompetisi memang cukup ketat dan biaya sewa bisa cukup mahal, tapi akan lebih baik daripada memilih lokasi terpencil yang tidak ada seorangpun yang mau melirik.

4. Bantuan orang lain
Kalau lokasi sudah didapatkan, hal berikutnya adalah mengurus sewa-menyewa ataupun pembelian lokasi. Apa artinya jika sudah menemukan lokasi yang bagus, tapi tidak bisa dimanfaatkan? Di bagian ini kemampuan negosiasi berperan sangat kuat, mungkin juga kita memerlukan orang lain untuk membantu bernegosiasi dan mengatur perjanjiannya.

Good Luck.

Referensi:
Karen E. Spaeder. How to Find the Best Location. Entrepreneur Magazine.
Tung Desem Waringin. Marketing Revolution.

SYAMSUL HADI
syamsulhadi@live.com

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: