>Karakteristik untuk penyelesaian masalah

>Di Amerika Serikat, penyelidikan tentang Pemecahan Masalah telah dilakukan beberapa puluh tahun yang lalu. Diantaranya penyelidikan dilakukan oleh Dodson (1971); Hollander (1974). Menurut mereka kemampuan pemecahan masalah yang harus ditumbuhkan adalah:

  1. Kemampuan mengerti konsep dan istilah matematika
  2. Kemampuan mencatat kesamaan, perbedaan dan analogi
  3. Kemampuan untuk mengidentifikasi elemen terpenting dan memilih prosedur yang benar
  4. Kemampuan untuk mengetahui hal yang tidak berkaitan
  5. Kemampuan untuk menaksir dan menganalisa
  6. Kemampuan untuk memvisualisasi dan menginterpretasi kuantitas atau ruang
  7. Kemampuan untuk memper umum (generalisasi) berdasarkan beberapa contoh.
  8. Kemampuan untuk berganti metoda yang telah diketahui
  9. Mempunyai kepercayaan diri yang cukup dan merasa senang terhadap materinya

Selain kemampuan di atas, siswa mempunyai keadaan yang tentu untuk masa yang akan datang sehingga dengan percaya diri dapat mengembangkan kemampuan tersebut.

Sumber: Langkah awal menuju olimpiade Matematika: Wono Setya Budhi

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: