>Guru Profesional

>

Peran guru sangat penting dalam memajukan pendidikan di negeri ini. Maka itu, setiap guru harus memiliki profesionalisme dalam mendidik. Pasal 1 UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, pada penjang pendidikan dasar dan menengah.

“Di samping dengan keahliannya, sosok profesional guru ditunjukkan melalui tanggung jawabnya dalam melaksanakan seluruh pengabdiannya. Guru profesional hendaknya mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawab probadi, negara dan agamanya. Selain itu, mempunyai tanggung jawab pribadi, sosial dan intelektual” jelas Dewan Penasehat PB PGRI Mohammad Surya, pembicara dalam acara seminar pendidikan dengan tema “Menjadi Guru Profesional” yang diselenggarakan di Bale Binarum Bogor pada tanggal 17 Januari 2009.

teacher

teacher


Beberapa substansi RUU Guru yang bernilai “Pembaharuan” untuk mendukung profesionalitas dan kesejahteraan guru antara lain kualifikasi dan kompetensi guru, hak guru, kewajiban guru, pengembangan profesi guru, perlindungan dan organisasi profesi sebagai wadah independen untuk peningkatan kompetensi karir, wawasan pendidikan, perlindungan profesi dan kesejahteraan.

Surya menambahkan, ada beberapa kiat untuk menjadi seorang guru profesional. Pertama, keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang mendekati standar ideal. Kedua, meningkatkan dan memelihara citra profesi, keinginan untuk senantiasa mengejar kesempatan pengembangan profesionali yang dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampilannya. Selanjutnya, kualitas dan cita-cita dalam profesi serta memiliki kebanggaan terhadap profesinya.

“Demikian pula percaya diri, diwujudkan dengan perilaku kinerja yang mantap, sehingga mendapat kepercayaan, dukungan dan pengakuan secara obyektif dari lingkungannya,” lanjutnya.

Sementara menurut panitia pelaksanaan seminar Hasanul Arifin, acra tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT ke-63 PGRI. “Dengan adanya acara seperti ini, kami pengurus PGRI mengharapkan agar guru memahami dan memiliki ciri sebagai guru profesional. Selain itu, benar-benar melaksanakan tugasnya sebagai guru yang memiilki tujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia” jelasnya.

Dikutip dari Harian Radar Bogor tanggal 18Januari 2009.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: