>Rumah makan dan tukang bakso

>Di dekat rumahku ada sebuah rumah makan khas sunda. Letaknya tepat di sebrang jalan raya dari bengkel favoritku.

Rumah makan itu sudah hampir satu tahun berdiri, tapi kelihatannya sepi-sepi aja tuh. Padahal kalo dicermati, dia py byk keunggulan. Pertama, lokasi dkt sekolah, kedua, punya neon sign, ketiga bentuk bangunannya unik (atapnya seperti rumah tradisional sunda, keempat lokasinya juga persis di pinggir jalan raya Sindangabarang Loji yg ramai.

Kelemahannya: 1. Tempat parkirnya kurang luas. Padahal klo mau incar segmen menengah ke atas seperti produk mereka yg unik, harusnya ada tempat parkir yng memadai. Kedua, baliho promosi sekolah jauh lebih besar dari neon sign, jadinya neon sign pun jadi kurang terlihat.

Beberapa minggu yg lalu di sebelah bengkel favoritku muncul counter bakso. Cukup bersahaja, hanya menyediakan satu meja kecil, tapi pembelinya bisa dibilang lebih byk daripada rumah makan di sebrang jalan. Itu karena org2 yg menunggu motornya diservis membeli bakso tersebut dan memakannya di bangku tempat tunggu pelanggan bengkel. Hal ini memberikan keuntungan utk penjual bakso tersebut karena mereka jadi tidak perlu menambah bangku dan menambah ruangan sew sehingga fixed cost bisa ditekan.

Adabeberapa hal yg mgkin masih jadi pertanyaan. Pertama, kenapa setelah satu tahun sepi pengunjung, rumah makan tidak bangkrut atau ditutup.

Rumah makan tersebut tidak ditutup, mungkin karena modalnya masih cukup utk bertahan dalam kerugian, ini bisa terjadi klo tempatnya memang bangunan pribadi. Lumayan, sambil berdoa mudah2n thn depan keadaan bisa membaik. Bahkan perusahaan2 besar seperti mobile-8 yg sedang rugi pun masih bertahan.

Kedua, apakah suatu saat nanti penjual bakso akan bangkrut?
Saya berpikiran seperti ini karena ternyata rasa bakso masih standar, ga ada istimewanya yg menjadi alasan orang ingin membeli lg. Mesti ada inovasi produknya.

Mmm.. sekian pengamatan hari ini. Ini hanyalah sebuah catatan, mudah2n bermanfaat utk yg membacanya.

http://www.syamsulhadi.co.cc

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: