>work at home

>

Di era informasi saat ini sepertinya sudah mulai banyak orang yang bekerja dari rumah. Bebas dari kemacetan dan polusi, tidak ada tekanan dari atasan ataupun karena ingin dekat dengan keluarga bisa menjadi alasan seseorang memilih untuk bekerja dari rumah.

Masalah pertama dari mengelola bisnis di rumah adalah tidak ada boss yang berdiri untuk memastikan pekerjaan selesai. Sangat mudah jika kita ingin menonton TV sebentar di sela-sela pekerjaan kemudian kembali bekerja atau malah terbuai dan melupakan hal-hal yang harus dilakukan agar bisnis tetap hidup

Berikut ini adalah tips bagi orang-orang yang bekerja dari rumah:

1. Sistem kerja pribadi

Buatlah struktur waktu yang mirip dengan yang biasa dilakukan di tempat kerja, misalnya dari jam 08.00 sampai jam 16.00, istirahat jam 12.00-13.00. Anda mempunyai waktu mulai dan selesai yang jelas dengan pembagian waktu yang spesifik juga. Disarankan menggunakan awal waktu untuk memprospek klien baru, mengirim email atau menulis surat, sehingga kita tidak lupa untuk melakukannya nanti.

Buatlah daftar pekerjaan harian yang harus dikerjakan (to do list). Perjuangkan untuk menyelesaikan daftar tersebut sebelum akhir jam kerja kita.

2. Informasi dan komunikasi

Bawalah event organizer kemanapun kita pergi. Pertimbangkan untuk membeli blackberry atau semacamnya, jadi kita bisa tetap dihubungi oleh orang lain sekaligus memeriksa hal-hal apa saja yang harus kita lakukan hari tersebut, atapun merancang apa yang akan kita lakukan nanti.

Simpanlah data di virtual server di internet. Hal ini untuk memudahkan jika suatu saat butuh data, kita jadi bisa download di mana saja selama ada koneksi internet.

 3. Atur waktu dengan keluarga
Selain kehidupan profesional, tapi sebenarnya kita juga punya keluarga.

4. Memotivasi diri
Motivasi adalah sumber tenaga utama kita. Selalu perbaharui motivasi Anda, bisa karena ingin membahagiakan keluarga, bisa juga karena sebagai bentuk lain pengabdian terhadap Allah SWT. Jangan memotivasi diri karena uang, karena sebagai bisnis owner prinsip seharusnya adalah uang bekerja untuk kita.

5. Ambil istirahat sejenak
Bekerja terus tanpa henti akan membuat jenuh, beristirahat sebentar akan mengembalikan mood

6. Belajar banyak hal
Ketika bekerja di rumah dan tidak memiliki siapapun yang membantu, maka kita harus mau belajar banyak hal seperti mengurus pajak, mengelola keuangan, menulis surat dan lain-lain. Mudah-mudahan semakin lama bisnis semakin bagus sehingga bisa menyewa orang lain untuk membantu.

7. Membangun jaringan
Seperti yang dikatakan oleh Robert Kiyosaki, “orang-orang kaya membangun jaringan”. Bangunlah jalur komunikasi dengan orang lain yang memiliki bisnis yang sama dengan kita, secara formal maupun informal. Hal ini adalah cara yang baik untuk mendekatkan kita pada pihak-pihak yang bisa membantu mengembangkan bisnis kita seperti supplier atau calon klien potensial.

8. Pertimbangkan pindah ke luar rumah
Bagi banyak orang, bekerja di rumah adalah sebagai batu loncatan saja karena untuk menjaga pengeluaran tetap rendah. Suatu saat ketika bisnis berkembang, bersiap-siaplah untuk menyewa tempat lain.

OK.. sekian dulu. Pertanyaan mengenai artikel ini bisa dikirimkan lewat email ke: syamsulhadi@live.com atau lewat comment.


Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: