>Langkah Awal Memulai Bisnis (bagian 2)

>6. Memulai dari yang kecil dan sederhana
Seperti kata-kata terkenal Jack Welch dari GE, “Manage less is manage better”. Semakin kecil seharusnya pengelolaannya semakin mudah, dengan cara ini kecepatan kita mengubah strategi bisnis akan sangat baik.

7. Bergabung dengan komunitas bisnis
Selalu ada kesempatan dalam setiap persaingan. Kita bisa melihat bahwa para pengusaha pun memiliki asosiasi dan perkumpulan masing-masing.

8. Fokus dan konsisten
Donald Trump dalam salah satu bukunya menerangkan pelajaran berharga yang dia dapatkan karena tidak menjaga fokus bisnisnya. Sekitar akhir tahun 1980-an Donald Trump dikritik media massa Amerka Serikat dan memiliki hutang 9,2 Milyar US Dollar. Akhirnya dia bisa bangkit kembali.

Banyak perusahaan yang tidak bisa menjaga fokus bisnisnya justru malah menjadi tenggelam. Godaan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar memang cukup sulit diatasi. Rumput tetangga memang kelihatan lebih hijau daripada rumput di halaman kita. Ada juga yang mengatakan, “Kalau tidak fokus dalam bisnis tidak akan jadi apa-apa”.

9. Action
Ada pendapat bahwa untuk menjalankan bisnis harus dengan perhitungan matang, ada juga yang berpendapat jangan terlalu banyak mikir jalanin aja dulu nanti di jalan akan ketemu jalan.

Sebenarnya dua pendapat itu benar, harus dengan perhitungan tapi jangan sampai perhitungan tidak membuahkan tindakan. Sambil berjalan pun Insya Allah akan ketemu jalan, selama kita mau fokus, belajar dan terus berkembang, akan ketemu jalan.

O.K.. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Syamsul Hadi
Http://paddyworld.blogspot.com

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: