Blog untuk pembelajaran

“The goal is to make the teacher to teach less, and the learner to learn more”

Schramm

Saya perhatikan sejak program Jardiknas diluncurkan pada tahun 2007, perhatian Departemen Pendidikan Nasional mengenai penggunaan teknologi informasi sangat meningkat.

Sekitar akhir Desember tahun 2008 yang lalu saya menjadi salah satu trainer untuk pelatihan pembuatan Blog untuk pembelajaran. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris kota Bogor.

Kebetulan pada tahun 2006 saya pernah melakukan penelitian terhadap 89 mahasiswa tentang penggunaan internet untuk penyebaran informasi. Ketika dikaitkan dengan kemampuan akademis mahasiswa, ternyata mahasiswa yang mencetak (print) materi dari internet mendapatkan nilai akademis yang lebih baik daripada mahasiswa yang hanya melihatnya di komputer saja. Kendala biaya yang lebih mahal untuk print materi adalah salah satu alasan kenapa mahasiswa tidak mencetak materi tersebut.

Saya sangat bersyukur Depdiknas telah membuat langkah yang cukup baik dengan mensosialisasikan teknologi informasi untuk dunia pendidikan, bagaimanapun juga ini adalah sebuah kemajuan.

Semoga dukungan fasilitas internet dan komputer untuk sekolah-sekolah akan semakin meningkat juga, karena membuat blog sekali jalan saja tidak cukup, guru-guru perlu mengelola blognya dan siswa-siswa juga perlu untuk mendapatkan hasilnya.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: