Cara terbaik belajar

Suatu hari pada saat masa orientasi pengenalan kampus/ospek, seorang mahasiswa berprestasi menjadi pembicaranya. Sang mahasiswa berprestasi itu itu berkata, “Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajarkannya”. Beliau ketika lulus langsung mendapat beasiswa S2 dan sekarang beliau telah menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

teach

Ustadz Yusuf Mansyur dalam banyak ceramahnya selalu memberikan nasihat untuk bersedekah karena efek sedekah itu luar biasa. Tidak hanya berupa uang, bahkan senyuman yang ikhlaspun bisa menjadi sedekah.

Jika memberikan senyuman saja bisa menjadi sedekah, maka memberikan ilmu dengan ikhlas dapat dikatakan sebagai sedekah juga, dan setiap sedekah akan diberikan balasan berkali lipat. Jadi, jika kita dengan ikhlas mengajarkan kepada seseorang sebuah ilmu, insya Allah akan dibalas berkali lipat dengan ilmu yang lebih tinggi.

Jadi, kalau kita belum menguasai matematika, bacalah buku matematika, palajari dan ajarkanlah kepada orang lain materi matematika yang baru saja kita pelajari. Tidak perlu malu, meskipun teman kita itu sudah menguasai materi yang baru saja kita pelajari, pemahaman kita akan meningkat dengan cepat, bahkan kita pun akan dikoreksi oleh teman jika salah menjelaskan. Lebih bagus lagi kalau kita membuat soal matematika untuk kemudian dikerjakan oleh diri kita sendiri setelah beberapa saat kemudian.

Selamat mencoba.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: