Keinginan kuat

Berikut ini adalah cuplikan Novel Laskar Pelangi yang sangat inspiratif.

“Hari ini aku belajar bahwa setiap orang, bagaimanapun terbatas keadaannya, berhak memiliki cita-cita, dan keinginan kuat untuk mencapai cita-cita itu mampu menimbulkan prestasi-prestasi lain sebelum cita-cita sesungguhnya tercapai. Keinginan kuat itu juga memunculkan kemampuan-kemampuan besar yang tersembunyi dan keajaiban-keajaiban di luar perkiraan.”

“Siapa pun tak pernah membayangkan sekolah kampung Muhammadiyah yang melarat dapat mengalahkan raksasa-raksasa di meja mahoni itu, tapi keingingan kuat yang kami pelajari dari Pak Harfan sembilan tahun yang lalu di hari pertama kami masuk SD, agaknya terbukti. Keinginan kuat itu telah membelokkan perkiraan siapa pun sebab kami tampil sebagai juara pertama tanpa banding. Maka barangkali keinginan kita tak kalah penting dibanding cita-cita itu sendiri.”

laskar-pelangi

laskar-pelangi

Comment:

Paragraf-paragraf tersebut di atas muncul di bagian novel setelah SMP Muhammadiyah Gantong memenangkan lomba adu kecerdasan dengan sekolah lainnya. Padahal SMP tersebut bukanlah sekolah favorit, bukan pula sekolah unggulan.

Paragraf-paragraf tersebut mengingatkanku betapa pentingnya sebuah keinginan itu. Mudah-mudahan menjadi inspirasi juga bagi kita semua. Tapi yang seringkali menjadi pertanyaan adalah, apakah kita tahu apa yang kita inginkan?

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: