Wu Shu

Pada masa dulu, istilah Kung Fu lebih dikenal masyarakat dibandingkan dengan Wu Shu. Bahkan sampai saat ini sebagian orang masih banyak yang menggunakan istilah Kung Fu untuk jenis beladiri yang berasal dari Daratan Cina ini. Namun sejak beladiri ini mulai dipertandingkan di tingkat internasional, istilah Wu Shu mulai diperkenalkan. Jet Lie, seorang aktor laga Mandarin terkenal mengakui bahwa yang dipelajarinya selama ini adalah Wu Shu, bukan Kung Fu.

jet lie

jet lie

Seni beladiri Wu Shu telah memasuki gelanggang olahraga sebagai nomor yang dipertandingkan untuk memperebutkan medali. Maka pada tahun 1986 dibentuklah persatuan-persatuan Wu Shu di banyak negara. Untuk pertama kalinya pada tahun 1987 diadakan pertandingan Wu Shu se-Asia di Yokohama Jepang. Pada saat itu Indonesia mengirimkan atlet Tai Ji Quan dalam nomor eksebisi, atlet Wu Shu Indonesia menampilkan nomor Tai Ji Quan berpasangan dan berhasil meraih medali penampilan terbaik.

“Wu Shu” di dunia barat dikenal sebagai ilmu beladiri “Kung Fu”. Hal ini kurang tepat karena sebetulnya pengertian Kung Fu adalah keahlian, misalnya seorang ahli masak disebut memasaknya pakai Kung Fu atau seorang sopir yang baik bisa dikatakan mengendarai mobilnya dengan Kung Fu yang baik. Wu Shu terdiri dari dua kata yaitu Wu dan Shu. Kata Wu bisa diartikan sebagai ilmu perang atau beladiri pada jaman dulu, sedangkan shu berarti seni. Jadi secara harfiah, Wu Shu bisa diartikan sebagai Ilmu Seni Peperangan atau Ilmu Seni Beladiri.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: