Kenapa sih matematika terasa sulit untuk sebagian besar siswa?

Kenapa sih matematika terasa sulit untuk sebagian besar siswa? Mungkin karena hal berikut:

1. Karena kurang menguasai dasarnya.

Ketika berada di SMA, materi di buku akan diasumsikan bahwa siswa SMA sudah menguasai materi di SD dan SMP. Kenyataannya, ada saja siswa SMA yang lupa pelajaran matematika di SD-SMP. Misalnya adalah materi tentang pecahan, materi ini sebenarnya adalah materi di SD.

Solusinya adalah, jika mengalami kesulitan di matematika SMA, cobalah buka kembali buku matematika SMP, jika masih juga kesulitan.. coba buka lagi buku SD. Insya Allah saya akan menampilkan menu untuk download materi matematika dari SD sampai SMA, mohon doanya.

2. Karena mental yang terlalu mudah khawatir dan mudah menyerah

Terlalu mudah khawatir bisa membuat belum apa-apa sudah kebingungan dan panas dingin. Baru aja melihat soal sudah langsung mual-mual.

Ada satu prinsip penting yang biasa kupegang untuk menguasai matematika. Prinsip itu adalah ”Jalanin aja dulu, nanti di jalan akan ketemu jalan”. Tulis di kertas coret-coret, jangan takut salah. Buat gambar dan ilustrasinya.

Kalau ga bisa juga… tanya semua orang yang kira-kira bisa. Never give up!!

3. Karena banyak pengalih perhatian

Saat ini, pengalih perhatian belajar siswa jauh lebih banyak daripada 15 tahun yang lalu. Misalnya saja video game. Permainan video game yang kurang terkendali akan menyebabkan lelah, kecanduan dan memboroskan waktu. Hal ini juga terjadi pada saya sendiri, yang pernah kecanduan video game saat kuliah. Seorang teman bahkan sampai drop out karena lebih sibuk bermain game online daripada belajar.

4. Karena pembelajarannya kurang akomodatif

Fasilitas pembelajaran kita pun masih kurang akomodatif. Sampai saat ini yang namanya sanggar matematika di sekolah-sekolah masih jarang. Film tutorial tentang matematika juga masih jarang. Kompetisi matematika di kalangan SMA pun masih sangat kurang dibandingkan dengan kompetisi Band.

5. Karena waktu belajarnya terlalu singkat

Beban kurikulum di Indonesia untuk pelajaran matematika bisa dikatakan berat jika dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini menjadi masalah ketika target kurikulum nasional tidak bisa selesai tepat waktu. Akhirnya sebagian besar siswa hanya bisa mempelajari matematika pada kulit-kulitnya saja tanpa mendalam dan cenderung hanya untuk sekedar melewati Standar nilai ketuntasan minimal. Guru juga bisa stress karena ternyata pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan jatah waktu target kurikulumnya.

Harapan baru

Sekarang tempat les khusus matematika telah banyak bermunculan. Semoga ini menjadi pertanda baik atau menunjukkan bahwa matematika sebenarnya berkembang juga melalui metode pembelajarannya.

Perihal syamsul hadi
Dapat dihubungi melalui email ke :syamsulhadi@live.com.

2 Responses to Kenapa sih matematika terasa sulit untuk sebagian besar siswa?

  1. dwi mengatakan:

    Iya, saya sepakat dengan ide awal bahwa matematika adalah pelajaran yang menjadi momok sebagian besar siswa. Metode dan sistem yang digunakan sang guru ketika menjelaskan materi mungkin bisa ditambahkan sebagai alasan penyebab selain 2 hal yang telah dikemukakan di atas. Saya menambahkan tentang metode guru mungkin sekedar ingin memberi saran tentang pola mengajar selama ini. Yang terpenting adalah bagaimana membuka kesadaran siswa akan pola belajar yang dia jalani selama ini. Dan seorang guru setidaknya mampu membuat strategi bagaimana siswa menjadi senang belajar meskipun pada mata pelajaran yang tak disenanginya..

  2. Ping-balik: Kenapa sih matematika terasa sulit untuk sebagian besar siswa… | Kenapa sih ini??!!??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: